5 ATURAN SEDERHANA UNTUK BAHAGIA

posted in: Motivasi, Uncategorized | 0

Banyak orang melakukan berbagai hal untuk mencapai kebahagiaan. Segala cara dilakukan untuk mendapatkannya, mulai dari bekerja, menabung, liburan, dan lain sebagainya. Sejatinya, definisi bahagia untuk setiap orang pasti berbeda, karena itu relatif. Ada yang mengira bahwa bahagia itu adalah memiliki harta yang banyak, mobil mewah dan rumah dimana-mana tapi ada juga yang mengartikan bahwa bahagia itu sederhana.

Ada 5 aturan sederhana untuk bahagia yang wajib untuk kita ketahui agar kita bisa lebih dewasa dalam memaknai arti bahagia.

1. Bebaskan hati kita dari kebencian

Kebencian adalah penyakit hati yang dapat membuat jiwa kita selalu merasa tidak tenang. Rasa tidak tenang inilah yang akan membuat kita selalu merasa tidak bahagia. Kebencian hanya akan membawa kita kepada kehancuran.

2. Bebaskan fikiran kita dari rasa khawatir berlebihan

Rasa khawatir berlebihan akan menuntun kita menuju perasaan was-was. Perasaan was-was ini akan selalu menghantui kita setiap saat yang akan menggangu kehidupan kita. Fikiran kita menjadi terkuras energinya hanya karena memikirkan rasa khawatir kita. Padahal masih banyak hal lain yang lebih penting yang harus diperhatikan.

3. Hidup sederhana

Dengan hidup sederhana hidup kita tidak akan terlalu menerima banyak tuntutan. Hidup kita akan lebih santai tanpa harus memikirkan mengenai memenuhi keinginan. Hidup sederhana akan membimbing kita menuju kehidupan yang lebih bermakna.

4. Lebih banyak memberi

Ada pepatah yang mengatakan bahwa tangan diatas lebih baik daripada tangan dibawah. Pepatah ini mengajarkan kepada kita bahwa memberi lebih baik dari pada meminta. Dengan memberi, apapun itu entah itu senyum, makanan, doa, uang, pakaian, dan lain-lain selama itu berguna untuk orang lain kita secara tidak sadar sudah berbuat baik kepada diri sendiri. Dengan memberi, maka secara tidak langsung kita sudah membuat orang lain bahagia.

Kebaikan yang kita berikan kepada orang lain sejatinya akan kembali kepada kita.

5. Jangan terlalu banyak berharap kepada manusia

Hampir setiap orang pernah merasakan kecewa. Rasa kecewa timbul karena harapan yang tidak tercapai. Sebaiknya kita jangan terlalu berharap banyak kepada manusia, cukup sewajarnya saja. Cukup gantungkan harapan dan cita-cita kita kepada Tuhan yang maha esa. Karena hanya Dia yang mampu mengabulkan semua permintaan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *