INGIN KAYA DIMASA DEPAN ?

posted in: Keuangan | 0

Memiliki masa depan yang cerah dan kebebasan finansial menjadi impian semua oraaa1ng. Segera mulailah langkah untuk mewujudkannya dari sekarang.

Keuangan mungkin bukan topik yang mudah dibicarakan dengan pasangan. Tapi keterbukaan masalah yang satu ini justru akan membantu Anda dan pasangan dalam menyiapkan masa depan tanpa menyulitkan anak cucu. Pemahaman akan kebutuhan masa depan seperti dana pensiun, dana asuransi, dan dana darurat sangat penting agar Anda bisa mencapai kebebasan finansial.

Bagi Anda yang masih aktif bekerja, mungkin saat ini belum memikirkan masa pensiun. Padahal tak ada kata tunda lho dalam menyiapkan dana pensiun. Selain itu, sudahkah Anda memiliki dana darurat dan dana asuransi yang cukup untuk keluarga? Banyak di antara kita yang cenderung santai dan merasa sudah cukup hanya dengan menabung saja. Namun dengan adanya inflasi tahunan, nilai tabungan yang Anda miliki sekarang belum tentu mampu menjamin biaya hidup Anda di masa depan.

Lalu, apa saja yang dibutuhkan agar kita dapat mewujudkan masa depan sesuai impian?

1. Dana Pensiun
Sudahkah Anda memiliki dana pensiun? Jika belum, artinya Anda harus mulai mempersiapkan dana pensiun sekarang juga. Berapa dana yang diperlukan untuk masa pensiun Anda? Sebelum menentukan jumlah dana, tentukan kapan Anda mau pensiun, kemudian sampai usia berapa Anda membutuhkan dana tersebut, dan terakhir jangan lupa menentukan rata-rata biaya hidup. Sebaiknya dana pensiun ditaruh dalam berbagai instrumen seperti reksadana ataupun properti.

2. Dana Asuransi
Salah satu alasan membeli asuransi jiwa adalah untuk melindungi keluarga ketika pemberi nafkah meninggal dunia. Pastikan Anda memiliki asuransi jiwa yang sesuai, yaitu uang pertanggungan dapat memenuhi kebutuhan ahli waris paling tidak untuk biaya hidup selama 10 tahun. Sedangkan untuk asuransi kesehatan, Anda sebaiknya melihat jenis asuransi dan biaya yang ditanggung asuransi. Selain itu Anda juga perlu menyiapkan dana kesehatan saat pensiun, sebab semakin tua usia kita, akan semakin mahal biaya asuransi yang perlu dibayar.

3. Dana Darurat
Pastikan Anda memiliki dana darurat. Berapa jumlah yang dibutuhkan? Untuk lajang 3 bulan pengeluaran, menikah 6 bulan, pekerja lepas 12 bulan. Dana darurat yang telah Anda kumpulkan tak boleh disentuh sama sekali, kecuali untuk keperluan yang mendadak di luar rencana sehingga tak mengganggu arus kas bulanan Anda. Jika saat ini belum memiliki dana darurat yang ideal, Anda bisa mulai menyisihkan dari sekarang. Pastikan dana ini disimpan secara terpisah dari rekening keperluan

Way Suryagama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *